CONTOH LAPORAN : Halaman Judul


LAPORAN

PRAKTIK UKK

SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI
 



Di Susun Oleh :

 

Nama                                      : Surasmi

Nisn                                        : (00748)

Bidang Studi Keahlian         :Teknik Informasi dan Komunikasi

Kompetensi KEAHLIAN     :Teknik Komputer dan Jaringan

 

 

TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN

SMK   MUHAMMADIYAH   PURWODADI

Jln. K.H.R. Dahlan Abdusy Syakur No. 03 Purwodadi

Kab. Purworejo

2017/2018







LEMBAR PENGESAHAN
 
 Laporan Praktek UKK di SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI ini dinyatakan memenuhi syarat penyusunan dan telah di setujui dan disahkan pada :
 
Hari,Tanggal             : …………………………………………
Di                              : ……………………………….………..
 
 
 
                           
                                    Pembimbing                            Pimpinan Kejuruan
 Turah                                            Nano Iswanto
 
Mengetahui,Kepala Sekolah
 Sumarjo S.Fil.I
 
 
 
 


KATA PENGANTAR

 
            Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena-Nya sehingga penyusunan laporan Praktek UKK ini dapat terselesaikan dengan baik.Penyusunan  laporan Praktik UKK ini diajukan untuk melengkapi nilai akhir kegiatan Praktik UKK.
Dengan ini penulis bertima kasih kepada Pimpinan Kejuruan TKJ.Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
-          Kepala SMK MUHAMMADIYAH Bapak Sumarjo S.Fil.I.
-          Ketua Jurusan TKJ, Bapak Nano Iswanto S. Pd.
-          dan Guru Pembimbing.
Akhir dari kesempatan  ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini.
 
 
 
 
 
 
Purworejo, 13 Febuari 2018
 
 
                                                                                                                              SURASMI
 
 

DAFTAR ISI
 
 
Halaman Judul.........................................................................................................   i
Halaman Pengeshan .........................................................................................................      ii
Kata Pengantar .................................................................................................................     iii
Daftar isi ...........................................................................................................................     iv
BAB I     
A.    Setting BIOS ........................................................................................................   
B.     Instalasi Sistem Operasi .......................................................................................       
BAB II
A.    Cara Membuat Kabel Straight dan Cross .............................................................       
BAB III
A.    Daftar Peralatan, Komponen, Bahan ..................................................................
B.      Soal ....................................................................................................................
C.      Konfigurasi Mikrotik Gateway ..........................................................................
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan .........................................................................................................        
B.     Saran ...................................................................................................................      
 
BAB I
A.    Sebelum memulai menginstall windows 8 :
 
Ø  Siapkan DVD installer windowsnya.
Ø  Jika yang di install adalah laptop, saya sangat menyarankan agar anda mencolokkan charger laptop anda sekarang juga. Sangat beresiko ketika dalam proses instalasi atau masih setengah jalan proses instalasi, eeh tiba-tiba laptopnya mati.
Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD
Pertama-tama anda harus setting BIOS agar booting pertama kali dari CD/ DVD. Waktu PC atau laptop pertama kali dihidupkan, booting pertama kali dilakukan dari HDD, maka dari itu anda harus mensettingnya terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :
1. Nyalakan/ restart komputer atau laptop anda, kemudian tekan tombol DEL(Delete). Untuk masuk ke menu BIOS, tidak semua komputer/laptop menggunakan tombol yang sama. Tombol lain yang bisa anda gunakan antara lain F1, F2, Fn+F2, dan lain sebagainya, coba salah satu.
2. Akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar berikut ini. Ingat yah, tampilan menu BIOS pada setiap komputer/ laptop juga tidak semua sama. Setelah itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ►
.
tampilan bios pertama instalasi windows 8
3. Seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini, posisi Hard Drive atau HDD terletak di atas sendiri, hal tersebut berarti booting pertama kali dilakukan dari HDD. Maka dari itu, anda harus mengubahnya agar booting pertama kali dari CD-ROM Drive.

HDD ada diurutan atas
4. Pilih CD-ROM Drive, tombol kemudian gunakan +/- untuk memindahkannya sampai berapa di posisi teratas seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.

Pilih cd rom drive instalasi windows 8
5. Jangan lupa ya, masukkan DVD installer windows 8 nya ke dalam DVDROM komputer/ laptop anda. Simpan konfigurasi yang telah anda lakukan dengan menekan tombol F10.

Seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, tidak semua tipe BIOS pada masing-masing laptop sama. Jadi jangan heran jika tampilan BIOS yang digunakan dalam tutorial kali ini berbeda dengan tampilan BIOS pada laptop/ komputer anda.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
B.     langkah-langkah Installasisebagai berikut :
 
1.      Untuk memulai instalasi, silakan tekan sembarang tombol agar PC atau laptop booting dari CD/ DVD. Oh ya, misalkan anda berjumpa lagi dengan tampilan seperti ini pada tengah-tengah proses instalasi, jangan tekan tombol apapun, nanti anda akan mengulang lagi proses instalasi dari awal.

 
 
2.      Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk yang lainnya biarkan saja default, tidak usah diubah. Setelah itu pilih Next.

 
 
Akan muncul tampilan seperti yang terdapat pada gambar berikut ini. Silakan pilih Install now.

 
3.      Langkah selanjutnya yaitu memasukkan product key windows 8 nya, yang biasanya terdapat dalam satu paket sama DVD nya. Kemudian pilih Next.

 
4.      Jangan lupa centang I accept the licence terms, kemudian pilih Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

 
5.      Pada langkah ini, pilih Custom: Install Windows only (advanced).

 
6.      Bagi anda yang ingin melakukan install ulang, dimana komputer/ laptop anda pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya dan ingin agar data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, kemudian buat partisi baru lagi. Setelah itu pilih Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, kemudian pilih Next. Lebih jelasnya, simak gambar gif berikut ini.
 
Catatan : Bagi anda yang ingin melakukan install ulang windows 8, lewati langkah nomor 8-12 dan bagi anda yang komputer/ laptopnya belum pernah diinstall sistem operasi sama sekali, atau yang HDDnya masih kosong dan mulus, silakan lewati langkah nomor 7 ini.

7.      Seperti yang anda lihat pada gambar berikut ini, bahwa ruang HDD nya masih kosong. Yang perlu anda lakukan pada langkah berikut ini adalah mempartisi HDD anda menjadi beberapa partisi (tergantung keinginan anda, bisa 2,3 atau lebih partisi).

Untuk membuat partisi baru, silakan pilih Drive options (advanced) > New, tentukan ukuran partisi tersebut sesuai selera, kemudian pilih Apply. Jika HDD anda berukuran 320/ 500 GB, saya sarankan beri ukuran 100GB karena partisi berikut ini merupakan partisi system (partisi C:).
 

 
8.      Selanjutnya pilih OK untuk pembuatan system reserved partition.

 
9.      Buat partisi baru lagi sesuai selera anda. Untuk langkah-langkahnya sama persis seperti pada langkah nomor 9 yaitu pilih Disk 0 Unallocated Space > New, lalu tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih Apply.


10.  Pilih Drive 0 Partition 2 (partisi C:) sebagai lokasi instalasi windows 8 nya, selanjutnya pilih Next.

11.  Pada step ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menitan dan komputer/ laptop anda akan restart beberapa kali selama proses berlangsung. Jadi jangan kuatir karena hal tersebut sebagian dari tahapan instalasi.

12.  Selanjutnya beri nama pada PC anda, kemudian pilih Next. Dalam tahap berikut ini, anda juga dapat mengatur warna tema sesuai selera anda.

 
 
 
13.  Selanjutnya pilih Use express setting.

14.  Setelah itu pilih Create a local account.

15.  Masukkan nama pengguna sekaligus passwordnya bila perlu. Tanpa password pun tidak masalah, tapi jika anda ingin agar tidak sembarangan orang dapat mengakses komputer/ laptop anda, sangat disarankan untuk memberinya password.

Untuk kolom Password hint, isikan kata atau kalimat yang memudahkan anda mengingat password anda. Selanjutnya pilih Finish.
masukkan nama pengguna beserta password hint windows 8
16.  Tunggu beberapa menit, setelah itu anda akan dibawa ke desktop anda.

 
 
 
17.  Selesai! Anda sudah berhasil menginstall windows 8 atau 8.1. Berikut tampilan Desktop dan START Menu.
 


 
 
 
 


BAB II
A.     PENGKABELAN UTP STRAIGH & CROSS
 
1.      Kabel straight
Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya, digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.
Urutan standar kabel straight adalah seperti di bawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:
 

 
berikut Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai:
·         Menghubungkan antara computer dengan switch
·         Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
·         Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
·         Menghubungkan switch ke router
·         Menghubungkan hub ke router
Kabel cross over
Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalahsusunan standar kabel cross over.

Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :
·         Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
·         Menghubungkan 2 buah switch
·         Menghubungkan 2 buah hub
·         Menghubungkan switch dengan hub
Menghubungkan komputer dengan router
Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.
Membuat kabel Straight dan Cross Over
Untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu kita siapkan, yaitu
·         kabel UTP
·         Connector RJ-45
·         Crimping tools
·         RJ-45 LAN Tester
contoh gambarnya seperti dibawah ini :



Kabel UTP Tipe Straight
Sekarang akan kita bahas cara pemasangannya. Yang pertama adalah cara memasang kabel UTP tipe straight. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:
1.Kupas ujung kabel sekitar 2 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
·         Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain.
d.png
Susunan kabel UTP tipe straight bisa Anda lihat pada gambar di bawah:
KABEL 6.gif KABEL 7.png 
Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Seperti yang saya katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.
Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:
◦Orange Putih pada Pin 1
◦Orange pada Pin 2
◦Hijau Putih pada Pin 3
◦Biru pada Pin 4
◦Biru Putih pada Pin 5
◦Hijau pada Pin 6
◦Coklat Putih pada Pin 7
◦Coklat pada Pin 8.
 
Masukkan kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam jack.
KABEL 9.pngKABEL 10.pngKABEL 11.png
Masukan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.
 
Sekarang Anda sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kabel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.
 
Kalau sudah kemudian kita test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1  atau belum.lihat gambar di bawah ini:
B.png
Kabel UTP Tipe Cross
 Cara memasang kabel UTP tipe straight sudah saya jelaskan tadi. Sekarang saya bahas mengenai cara memasang kabel UTP tipe cross. Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan memasang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Perbedaanya adalah urutan warna kabel pada ujung kabel yang kedua. Untuk ujung kabel pertama, susunan kabel sama dengan susunan kabel UTP tipe straight yaitu:
 
13.gif
◦Orange Putih pada Pin 1
◦Orange pada Pin 2
◦Hijau Putih pada Pin 3
◦Biru pada Pin 4
◦Biru Putih pada Pin 5
◦Hijau pada Pin 6
◦Coklat Putih pada Pin 7
◦Coklat pada Pin 8.
14.png
 
Untuk ujung kabel yang kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapaun susunan warnanya adalah sebagi berikut:
•Hijau Putih pada Pin 1
•Hijau pada Pin 2
•Orange Putih pada Pin 3
•Biru pada Pin 4
•Biru Putih pada Pin 5
•Orange pada Pin 6
•Coklat Putih pada Pin 7
•Coklat pada Pin 8.
Hasil akhir kabel UTP tipe cross akan seperti ini:
 e.png
 
Kesimpulannya adalah jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyala semua setiap led dari nomor 1 sampai 8.lihat gambar di bawah ini :
16.png
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB III

A.    DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN

 
No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5
 
 
 
 
 
1.
Koneksi Internet
Koneksi internet minimal 1 Mbps
1 akses
 
2.
Wifi Routerboard
Router Board RB751 / RB951
1 buah
 
3.
Switch
Min. Port
: 5 port
1 buah
 
4.
PC Client *)
LAN Card   
WLAN Card
: 1 buah
: 1 buah
2 unit
 
5.
Kabel UTP
Min. Cat 5
10 m
 
6.
Konektor
RJ45
6 buah
 
7.
Tang Crimping
Untuk RJ45
1 buah
 
8.
Kabel LAN Tester
Untuk RJ45
1 buah
 
9.
Obeng +/-
Ukuran screw PC
1 set
 
*) Catatan : PC Client dengan WLAN Card bisa diganti dengan Laptop (yang sudah terintegrasi interface WLAN
 

B.     SOAL/TUGAS

Skenario :
Dalam  kegiatan  uji  kompetensi  ini  anda  bertindak  sebagai  Teknisi  Jaringan. Tugas anda sebagai seorang teknisi Jaringan adalah merancang bangun dan mengkonfigurasi sebuah  Wifi  Router  berfungsi  sebagai  Gateway  Internet, Hotspot,  DHCP  Server, Bandwith Limiter dan Firewall, kemudian internet tersebut dishare ke client melalui jalur kabel (non hotspot) dan wireless (hotspot).
 
Dengan konfigurasi sebagai berikut :
 
Konfigurasi Wifi Router
a.       Sistem Operasi            = RouterOS
b.      DNS                            = sesuai dengan DNS yang diberikan ISP
c.       NAT                            = Yes
Konfigurasi Ether1
d.      IP Ether1                     = sesuai dengan IP yang diberikan ISP
e.       Gateway                      = sesuai dengan Gateway yang diberikan ISP
Konfigurasi Ether2
f.       IP Ether 2                    = 192.168.10.1/24
g.      DHCP Server  = No
h.      Buat konfigurasi pada firewall yang meblokir situs youtube.com dari trafic PC Client yang melewati ether2
Konfigurasi WLAN1
i.        IP WLAN1                 = 192.168.20.1/24
j.        SSID                           = nama_peserta@hotspot
k.      Hotspot                       = alamat login hotspot = sekolah.sch.id
l.        DHCP Pool                 = 192.168.20.2-192.168.20.100
m.    Rubah tampilan halaman login hotspot sehingga minimal terdapat tampilan tulisan:
“Selamat Datang di Hotspot Sekolah XXX” (XXX = nama sekolah anda)
n.      Buat 2 user, yaitu:
                                 i.           Username 1=guru, Password=guru dengan profile bandwidth download/upload=256 kbps
                               ii.           Username 2=siswa, Password=siswa dengan profile bandwith download/upload=256 kbps
o.      Bypass alamat: http://bsnp-indonesia.org sehingga user yang belum login masih dapat mengakses web tersebut.
 
 
Konfigurasi PC/Laptop Client (yang terhubung ke ether2 melalui switch)
1.      IP LAN                 = 192.168.10.xxx/24 (xxx merupakan address)
2.      Gateway                = 192.168.10.1/24
3.      DNS                                  = menyesuaikan ISP
4.      Sistem operasi       = Windows / Linux
 
Konfiguasi PC/Laptop Client (yang terhubung ke WLAN1 melalui wireless)
1.      IP WLAN             = Dinamis (Mendapatkan IP address melalui hotspot)
2.      Sistem Operasi      = Windows/Linux
 
Tugas Anda sebagai Teknisi Jaringan adalah:
Mengimplementasikan topologi jaringan di atas dengan ketentuan sebagai berikut:
1.      Menerapkan  prosedur  kesehatan,  keselamatan  kerja  dan  keamanan  kerja  yang diperlukan
2.      Melakukan pemasangan kabel UTP
3.      Melakukan pemasangan non managable switch
4.      Melakukan pemasangan dan konfigurasi jaringan lokal (LAN)
5.      Melakukan pemasangan dan konfigurasi jaringan internet (WAN)
6.      Melakukan pemasangan dan konfigurasi jaringan nirkabel (WLAN)
7.      Melakukan instalasi dan konfigurasi Server/Router (Hotspot)
8.      Melakukan instalasi dan konfigurasi DHCP Server (melalui WLAN 1)
9.      Melakukan instalasi dan konfigurasi gateway internet
10.  Melakukan  konfigurasi  TCP/IP  Statis  pada  PC  Client/Laptop  yang  terhubung ether2 melalui switch
11.  Melakukan konfigurasi TCP/IP Dinamis pada PC Client/Laptop  yang terhubung melalui wireless
 
12.  Melakukan pengujian pada sistem.
Pengujian dari PC Client yang terhubung kabel :
a.  Koneksi internet
b.  blockir akses youtube.com
Pengujian dari Laptop Client yang terhubung wireless :
a.  Tampilan halaman hotspot
b.  Login hotspot dan bandwith user
c.  Bypass alamat : http://bsnp-indonesia.org
13.  Membuat laporan tertulis tentang konfigurasi yang dilakukan.

GAMBAR

C.      Konfigurasi Mikrotik Gateway :
 
1.      Buka Winbox
2.       Ubah identity mikrotik
3.      Ubah nama ether1(inet),ether2(local)
4.      Berikan IP Address pada;
Ether local : 192.168.100.1/24    no absen
5.      Setting IP Address untuk inet, dengan cara klik DHCP Client, pada interface inet.
Pastikan mendapat IP Address secara otomatis (DHCP) dari Modem
6.      Setting ip route, pastikan mmiliki gateway IP Modem – biasanya sudah otomatis
7.      Setting DNS agar dapat resolve domain,
Allow-remote request = yes server 8.8.8.8
8.      Buka new terminal
Ping ke yahoo.com (seharusnya mikrotik telah dapat terkoneksi ke internet)
9.      Sharing internet, dengan setting IP Firewall NAT :
Action             = masquerade
Chain              = srcnat
Out-interface  = inet
10.  Setting IP client (Windows)
IP Address     = 192.168.100.1xx(nomor ujian)
Gateway         = 192.168.100.1 (nomor ujian)
Primary DNS = 8.8.8.8
11.  Buka www.google.com – seharusnya computer client sudah dapat koneksi ke internet
12.  Blokir youtube.
 
 
Ip firewall filter
Action            =drop
Chain              =forward
Content          =youtube.com
In interface     =local (hotspot)
Out interface  =inet
Cek dengan mengakses www.youtube.com
13.  Aktifkan interface wlan, ubah wlan –hotspot
14.  Setting IP Address hotspot= 192.168.200.1/24
15.   Buat SSID     =namamu@hotspot
16.  Setting Hotspot :
Ip –hotspot-hotspot setup
Local address of network      = 192.168.200.1/24
Address Poll of network        = 192.168.200.2-192.168.200.100
Select Certificate                   = none
SMTP Server                          = 0.0.0.0
DNS Server                            = 8.8.8.8
DNS Name                            = sekolah.sch.id
Hotspot user                           = admin
Password                                = admin
17.  Bypass bsnp-indonesia.org dengan cara berikut =
Ip-hotspot-wallet garden
Action            =allow
Dst Host         =bsnp-indonesia.org
18.  Agar ketika login dapat di log out jangan lupa setting berikut ini :
19.   Ip-hotspot-server profile-pilih hotspot yg kita buat tadi (hsprof1)login-cookie di hilangkan centangnya.
20.  Hotspot user, buat 2 user profile;
Ip-hotspot user profile
Add name = guru,shared-users=unlimited,transparent-proxy = yes
Add name = siswa, rate limit = 256k/256k shated-users=unlimited,transparent-proxy=yes
21.  Buat user
Hotspot user
Name = guru password =guru profile =guru
Name = siswa password=siswa profile=siswa
22.  Ubah tampilan login dengan download menu files, pada folder login ubah htmlnya kemudian upload kembali.
 
 
 
 


 
 
 


 
 
 
 


 

 
 
BAB III
PENUTUP 
A.    Kesimpulan
            Ujian Praktik Kejuruan TKJ merupakan suatu syarat kelulusan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Purwodadi. Yang  mempratikkan Pengkabelan,installasi,sharing gateway mikrotik tersebut menjadi sebuah penguat dengan adanya suatu kegiatan praktik sehingga memenuhi kriteria lulus dalam ujian praktik, singkatnya batas waktu yang diberikan, membuat penulis sadar akan pentingnya kedisiplinan dalam menyelesaikan sebuah tugas sesuai batas waktu yang diberikan, dengan hasil yang maksimal adalah salah satu penilaian terbesar yang sangat mempengaruhi bagi penulis..
 
B.     Saran
            Pada laporan ini penulis masih memiliki kekurangan. Mohon kritik dan saran pembaca.jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati saya pribadi selaku penulis mohon maaf yang sebesar besarnya.

 


 

 

 

 

 

 

 
 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog